fbpx Carsworld - Booking Servis Bengkel Mobil Terdekat
Setir Mobil Kerap Bergetar, Cek, 4 Bagian Mobil Kamu Ini
Article 01

Tak bisa disangkal kondisi setir mobil yang prima akan menunjang kenyamanan dalam berkendara. Tak hanya bagi pengemudi, namun juga bagi penumpang lainnya. Namun, bagaimana jadinya jika setir mobil terasa terus bergetar saat dikemudikan?

Apalagi, ketika setir bergetar ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi. Jika kamu sempat mengalami kejadian ini, sebaiknya, cek empat bagian penting ini di mobil kamu.

1. Tekanan angin

Biasanya hal ini yang cukup rutin untuk diperkisa. Tekanan angin pada ban mobil kamu apakah sudah sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Jika tekanan angin ban kurang, pastinya akan berpengaruh pada performa mobil.

Jika terus dibiarkan, maka salah satu penyebab setir mobil bergetar adalah karena kurangnya tekanan angin itu sendiri.

2. Kondisi ban

setir-mobil-kerap-bergetar-cek-4-bagian-mobil-kamu-ini

Pastikan untuk selalu cek kondisi ban mobil. Salah satunya adalah dengan melihat Tradewear Indicator (TWI), yaitu penanda atau indikator bagi permukaan ban.

Tradewear Indicator secara umum berada di sela-sela groove atau alur ban. Indikasinya, jika permukaan ban sudah terlihat sejajar dengan Tradewear Indicator, berarti kondisi ban sudah mulai tipis.

Jika sudah seperti ini, jangan dibiarkan lama-lama. Segera ganti ban mobil kamu di bengkel agar mengurangi risiko berbahaya saat berkendara.

3. Kaki-kaki mobil

setir-mobil-kerap-bergetar-cek-4-bagian-mobil-kamu-ini

Komponen kaki-kaki yang sudah tidak prima atau aus pun biasanya akan berpengaruh pada kondisi setir mobil. Mulai dari ball joint, racksteer, hingga tie road biasanya punya kaitan yang erat dengan setir mobil.

Jika kamu ragu untuk mengamati komponen kaki-kaki mobil, tak ada salahnya berkonsultasi dengan mekanik bengkel yang profesional dan terpercaya untuk memeriksakan kondisi kaki-kaki mobil.

4. Engine mounting

Terakhir, perhatikan kondisi engine mounting mobil. Kinerja yang sudah tak lagi prima biasanya akan memengaruhi kondisi mobil, khususnya pada bagian setir.

Bahkan, untuk mengatahui permasalahan ini, mobil tidak perlu dipacu pada kecepatan tinggi, namun hanya dengan menyalakan mobil. Jika sudah bergetar, maka wajib memeriksa engine mounting mobil kamu.

Jika ini terus terjadi pastikan untuk memeriksakan mobil kamu ke bengkel. Pastikan untuk mengetahui penyebab kondisi setir mobil bergetar melalui mekanik atau teknisi terpercaya yang berada di layanan servis bengkel Carsworld.

Artikel Rekomendasi

Baca juga